January 27, 2023

Antusias warga untuk mendatangi kawasan Puncak, Kabupaten Bogor membuat macet panjang saat libur Hari Raya Waisak. Polisi menyebut ada sekira 88 ribu kendaraan roda empat yang melintasi kawasan tersebut, Minggu (15/5/2022) kemarin. Untuk menguraikan kemacetan, polisi harus memberlakukan proses one way menuju Jakarta.

Proses rekayasa lalu lintas itu dilakukan cukup lama mencapai 9 jam dikarenakan volume kendaraan mencapai 88 ribu yang memadati Puncak. ”Tadi malam beban yang mengarah ke Puncak dari Jakarta itu sekitar 41 ribu ya. Dari arah Puncak ke Jakarta 47 ribu kendaraan baru roda empat,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Senin (16/5/2022). Sementara itu, volume kendaraan roda empat itu ditambah dengan kendaran roda dua yang diprediksi sekitar 100 ribu kendaraan.

Sehingga, prosesonewaymenujuJakartapada Minggu malam cukup lama dilakukan hingga Senin dini hari. ”Roda duanya perhitungan kami sekitar 100 ribu tadi malam. Sehingga tadi malam proses pelaksanaanonewaycukup panjang waktunya dari arah Puncak ke arahJakartakarena beban arus sepanjang Puncak tadi malam cukup berat,” jelas Iman. Sementara itu, jumlah kendaraan yang masuk ke Jalur Puncak pada pagi tadi tercatat sekitar 6 ribu kendaraan.

Kendaraan didominasi oleh roda empat yang masih masuk dari sejumlah ruas jalan arteri dan tol. ”Kalau hari ini berdasarkan statistik yang masuk terhitung roda empat masuk ke Puncak sekitar 6 ribu,” kata Iman. Sebelumnya, polisi memberlakukan sistemonewaymenujuJakartadi Jalur Puncak, KabupatenBogorpada Minggu 15 Mei 2022 kemarin.

Rekayasa lalin itu diberlakukan selama 9 jam. Sistem tersebut diberlakukan petugas mulai pukul 13.00 WIB dan baru normal dua arah pukul 22.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *